Pengamanan di 72.101 TPS: Polda Jabar Terjunkan 13.278 Personel


BANDUNG,  PATROLI
Waka Polda Jabar Brigjen Pol DR Rycko Amelza Dahniel, M.Si


Dalam rangka mengecek kesiapan dan pergeseran pasukan untuk pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu Legislatif tanggal 9 April 2014 lalu, Polda Jabar menggelar apel di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Senin (7/4/).

 Apel diikuti oleh anggota Satgas Polda Jabar, anggota Polrestabes Bandung dan anggota Linmas yang ditempatkan di setiap TPS yang ada di Kota Bandung. Apel dipimpin langsung oleh Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs.Mochamad Iriawan,S.H.,M.M.,M.H., dan dihadiri oleh Wakapolda Jabar Irjen Pol. Dr. Rycko Amelza Dahnile,M.Si., para pejabat utama Polda Jabar, Kapolrestabes Bandung, Walikota Bandung serta Ketua KPU dan Ketua Panwaslu Kota Bandung.
Untuk pengamanan 72.101 TPS yang ada di wilayah hukum Polda Jabar, Polda Jabar menerjunkan sebanyak 13.278 personel kepolisian serta anggota Linmas sebanyak 134.431 orang. Khusus untuk wilayah hukum Polrestabes Bandung,  akan diturunkan sebanyak 2.103 personel kepolisian, untuk mengamankan 5.334 TPS yang ada di Kota Bandung dengan dibantu anggota Linmas sebanyak 10.668 orang.
Kapolda Jabar dalam sambutannya pada apel tersebut mengatakan,  tahap pemungutan suara merupakan salah satu agenda pokok Pemilu 2014 yang harus disukseskan bersama. Kesuksesan Pemilu 2014 ini, tegas Kapolda, merupakan kerjasama semua, terutama dari penyelenggara Pemilu, baik KPU maupun Panwaslu yang didukung oleh semua stakeholder dan masyarakat. Kepada seluruh Satgas Polda Jabar, serta personil Polrestabes Bandung dan anggota Linmas yang akan melaksanakan pengamanan TPS, Kapolda Jabar berharap, Pertama, laksanakan tugas secara profesional, bertanggung jawab, serta penuh keikhlasan dalam mensukseskan Pemilu 2014.
 Selanjutnya, pahami tugas dan prosedur pengamanan, sehingga dapat menjamin keamanan dan ketertiban di TPS, serta meminimalisir terjadinya gangguan/hambatan. Jalin komunikasi, koordinasi dan kerjasama yang baik dengan petugas TPS, para saksi partai politik dan masyarakat yang akan memberikan suara, sehingga proses pemungutan suara dan penghitungan suara dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.
Yang terakhir, laporkan secara cepat dan berjenjang, apabila terdapat hal-hal yang menonjol, yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban, baik pada saat pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS, maupun dalam pengiriman kembali kotak dan surat suara, sehingga dapat dilakukan antisipasi secara cepat dan tepat, serta terkoordinasi dengan baik dan sinergis.
Dalam kesempatan apel tersebut juga, Kapolda Jabar memberikan penghargaan kepada anggota Polrestabes Bandung dan Polsek Sukajadi, yang telah berprestasi dalam pengungkapan kasus penculikan bayi di RS. Hasan Sadikin Bandung, yang terjadi pada tanggal 25 Maret dan berhasil diungkap secara cepat pada tanggal 28 Maret 2014, serta pemasangan jaket kepada para Brigadir RW di Kota Bandung. Selaku pimpinan Polda Jabar, Kapolda mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kapolrestabes Bandung beserta anggota yang telah bertugas dengan sangat baik dan berprestasi ini, dimana pada Kamis (3/4/) kemarin, juga telah diberikan penghargaan oleh Kompolnas bertempat di Polda Jabar. Prestasi, dedikasi dan loyalitas tersebut perlu diapresiasi, sebagai reward/penghargaan kepada anggota, serta memotivasi anggota yang lain untuk terus melaksanakan tugas dengan baik, profesional, ikhlas dan tanpa pamrih. Kepada Kapolrestabes Bandung dan seluruh anggota yang mendapat penghargaan,  kiranya dengan penghargaan ini dapat memotivasi untuk terus meningkatkan kinerja, profesionalisme dan pengabdian selaku pelindung, pengayom, pelayan dan penolong masyarakat.
Kepada para Brigadir RW, Kapolda Jabar berharap agar terus melakukan koordinasi, kerja sama dan kemitraan dengan aparat RW dan RT di wilayah tugasnya masing-masing, serta melakukan asistensi dan pembinaan terhadap warga, sehingga akan tercipta situasi Kamtibmas yang aman, damai dan kondusif di Kota Bandung, menuju Bandung Juara, terutama menjelang pemungutan suara Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014. (Yadi S)
Powered by Blogger.