BP Perda Jaring Informasi Dana Cadangan Daerah Pemilukada

BANDUNG, PATROLI,-- Badan Pembentukan Perda Provinsi (BP-Perda) DPRD Provinsi Jawa Barat belum lama ini melakukan lawatan ke Pemda Kab. Indramayu. Tim BP-Perda  DPRD Prov. Jabar yang diwakili Abdul Muis diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kab.  Indramayu, Ahmad Bahtiar di ruang kerjanya. Kegiatan tersebut juga dihadiri Asisten Pemerintahan, Didi Kusmulyadi dan unsur pejabat lainnya.

Dikatakan Muis, lawatannya ke Pemda Indramayu dalam rangka membahas raperda tentang Dana Cadangan Daerah untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah Jawa Barat serentak Tahun 2018. Sebagaimana diketahui, Indramayu baru saja menggelar pesta demokrasi pilbup/pilkada langsung 2015 lalu. Diharapkan kunjungannya dapat menggali informasi dari pelaksanaan pemilukada yang baru saja dilaksanakan Indramayu.
“Barangkali informasi yang kami dapatkan dari penyelenggaraan pemilukada Indramayu 2015 dapat dijadikan masukan untuk kami dalam menyusun raperda dana cadangan daerah untuk pilgub 2018 nanti, ” ucap Muis.
Sementara itu, Ahmad Bahtiar menyatakan, bersedia memberikan data dan infromasi terkait apa yang dibutuhkan oleh BP-Perda DPRD Provinsi Jawa Barat tersebut. “Pada prinsipnya kami akan membantu memberikan informasi yang diperlukan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya, “ ungkap Bahtiar.
Pada perbincangan dengan BP Perda, sebagaimana diungkapkan Pemkab Indramayu pada Pemilukada 2015 lalu dihadapkan pada waktu yang tidak menguntungkan karena saat itu regulasi belum utuh. “PerKPU memang sudah keluar, namun aturan yang rincinya belum ada,” jelas Sekda Indramayu.
Sementara itu terkait dengan dana cadangan daerah untuk Pemilukada Serentak 2018 nanti, Abdul Muis menjelaskan kemungkinan  dilakukan dalam tiga tahapan di tahun 2016, 2017 dan 2018. Pada pembicaraan tersebut, mengemuka mengenai mekanisme penganggaran pemilukada, masalah anggaran untuk pengamanan serta sejumlah aturan yang dipandang tidak logis karena tidak memungkinkan untuk diimplementasikan. 

Abdul Muis mengatakan dari pembicaran dengan Sekda Indramayu beserta jajarannya, pihaknya mendapatkan banyak masukan terkait penyelenggaraan Pemilukada.Kami mengucapkan terimakasih atas masukan dari Pemkab Indramayu mudah-mudahan ini akan bermanfaat untuk pembahasan Raperda nanti,tutup Abdul Muis. (Elly S)
Powered by Blogger.