Komitmen Pemkab Jadikan Mura Kota Layak Anak

MUSIRAWAS, -- Anak merupakan modal  sumber daya manusia di masa mendatang. “Maka, hak anak harus dijamin, dilindungi dan dipenuhi oleh orang tua, keluarga, masyarakat, pemerintah dan negara,” papar Hj.Suwarti, Wakil Bupati Musirawas dalam acara Workshop Gugus Tugas Kota Layak Anak, di Hotel  Abadi Lubuklinggau, Propinsi Sumatera Selatan, Minggu lalu.

Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musirawas dalam mewujudkan Kota Layak Anak,  imbuhnya, tidak hanya  menjadi tanggung jawab dinas terkait, namun tanggung jawab bersama, baik itu SKPD maupun seluruh masyarakat. Tentunya  untuk memenuhi hak-hak  dan melindungi anak.
“Untuk itu, dihadirkan narasumber yang berkompeten. Peserta yang ikut dalam acara ini sebanyak 100 orang terdiri dari seluruh SKPD di Musirawas, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Bank BRI, Polres Mura, Kementrian Agama, kecamatan, puskesmas, dan bidang sosial lainnya. Dengan adanya kegiatan ini, dapat  menambah wawasan bagi peserta. Saya harapkan kepada  para peserta workshop dapat mengambil manfaat sehingga bisa diterapkan di kehidupan bermasyarakat,” imbuhnya.
Sementara itu, Hj.Karmila, Kepala Kantor Pemberdayaan Kabupaten Musirawas, mengatakan program kota layak anak merupakan  program pusat yang wajib diteruskan ke seluruh daerah. Tentunya supaya kabupaten dan kota  menjadi kota layak anak.
“Dengan adanya  kotal layak anak, hak anak akan terjamin. Karena  setiap  anak mempunyai hak perlindungan, pendidikan, kesehatan, dan hak memiliki idetintas serta hak lainnya. Kemudian, kita mengharapkan di setiap desa atau kecamatan ada indikator-indikator kota layak anak, seperti menyediakan tempat bermain anak,” tuturnya.
(TONI)
Powered by Blogger.