SMPN 1 Karangnungal Raih Segudang Prestasi


Kelima dari kanan, Drs. H. Budi Ernawan SPd, MPd

TASIKMALAYA PATROLI,- Sebagai upaya untuk menciptakan bibit atlit yang berbakat handal dan profesional. Walau penuh perjalanan panjang serta dengan seleksi yang sangat ketat, tidak membuat lelah siswa SMPN 1 Karangnunggal untuk meraih juara bergengsi yang kerap mewakili Kabupaten  pada ajang perlombaan di tingkat Provinsi Jawa Barat. Karena O2SN, SLS2N, OSN, Pastrasenda dan Lomba PAI sudah merupakan Program Pemerintah yang setiap tahunnya dilaksanakan.

Salah satu bukti nyata pada tahun 2014 ini, SMPN 1 Karangnunggal telah mampu bersaing dan meraih prestasi di  tingkat Kabupaten Tasikmalaya. Kepala SMPN 1 Karangnunggal Drs.H.Budi Ernawan,S.Pd,M.Pd kepada PATROLI mengatakan, pada kegiatan PASTRASENDA (Pesta Seni Sastra dan Aksara Sunda) yang digelar 14 April di SMPN 1 Rajapolah, Dienda Antika Sundha telah meraih juara 1 Lomba Pupuh Buhun serta Ali Munzi meraih juara 1 bercerita (ngadongeng). Kini keduanya siap untuk “Tandang Makalangan” di tingkat Provinsi yang recananya akan digelar pada akhir Juni tahun ini.
Berkat kedisplinan, kegigihan dan kekompakan Dienda Antika Sundha bersama Dewi Ginarti, dan Sandi Mumin Pratama telah mampu meraih peringkat pertama pupuh raehan di tingkat Kabupaten. Sedangkan Sandi, Zenni Virginia Sunarli, Fani Fitria Sri Wibowo ketiga-tiganya masing masing duduk di bangku kelas 9 yang dua tahun berturut turut menjadi delegasi dari SMPN 1  Karangnunggal yang melaju ke tingkat Propinsi dari bidang renang dan catur. Fanny mengikuti lomba catur tingkat nasional, dan Ilham siswa kls 8 telah meraih mendali Emas dari cabang renang,  Robby Rafliad raih juara pertama dari catur putra, Gita Royanti delegasi poli putri tingkat Propinsi yang akan di gelar pada 23 Mei 2014 di Cirebon. Anabila meraih juara 3 tenis meja putri, sedangkan untuk bola poli baik putra maupun putri hanya mampu meraih peringkat 3 di kabupaten.  Pada saat Pelaksanaan di tingkat Provinsi digelar di Ciater Subang Jawa Barat.
Untuk O2SN pekan lalu di gelar di Dadaha Tasikmalaya, dari jumllah 54 atlit delegasi wilayah Karangnunggal terdiri dari 34 SMP yang meliputi 5 Kecamatan. Dan 24 atlit utusan dari SMPN 1 Karangnunggal hal ini dapat mendominasi kegiatan. Kini SMPN 1 Karangnunggal telah berhasil meraih juara umum peringkat 3.
Jelas semua ini salah satu bukti nyata yang merupakan buah dari hasil kemampuan siswa SMPN 1 Karangnunggal dalam berkopetisi dengan Sekolah lain yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Bukan hanya dalam bidang seni saja  tetapi dalam bidang pramuka pun tampak menonjol.
Bahkan tak lama lagi Dienda dan Sandi yang sekarang duduk di bangku kelas 8 BLC pada tanggal 15 – 16 April setelah melaksanakan lomba Pastrasenda tingkat Kabupaten harus segera berkemas menuju kota Kembang Bandung untuk menjadi delegasi sebagai “Duta Sanitasi” dari Kabupaten Tasikmalaya. Di lomba Pastrasenda tahun ini. Dienda Antika Sundha mampu bertahan untuk tandang yang kedua kalinya di tingkat Provinsi. Dari tahun ke tahun kehadiran SMPN 1 Karangnunggal pada perlombaan dan pertandingan menjadi peserta yang sangat diperhitungkan para lawan.  Bahkan hampir setiap tahunnya SMPN 1 Karangnunggal selalu tak surut dan tak luput meraih mendali hinga rak penampungan tropy pun sudah sesak hampir tak muat lagi.
Selanjutnya masih disampaikan Budi Ermawan, Dalam hal ini bimbingan guru untuk mengembangkan bakat dan minat siswa yang berbakat handal dan propesional sangatlah penting karena  mempengaruhi terhadap peraihan prestasi. Maka dari itu kerjasama antar guru sangat diperlukan, begiitu juga  motivasi seorang pimpinan tak kalah penting, apalagi dukungan orang tua sangatlah diharapkan. Alhamdulillah berkat  adanya  kerjasama dengan semua pihak, sehingga prestasi siswa SMPN 1 Karangnunggal sering muncul dan banyak meraih segudang prestasi.
Untuk menghadapi perlombaan dan pertandingan di tahun depan kami selaku penanggung jawab di SMPN 1Karangnunggal akan mempersiapkan diri dari sejak awal. Karena untuk tahun depan di batasi umur dari 2001, dan kami akan mengambil siswa yang baru masuk dari SD ke SMP akan di lihat dari prestasi yang sudah di dapat dengan menyerahkan poto kopi sertipikat lalu di seleksi dan di bina. Mudah mudahan saja untuk tahun 2015 bisa berbicara ke tingkat Nasional jelas Budi Ermawan. (S. Ade Hardi)
Powered by Blogger.