Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming menunjukan kartu anggota FORRDUS

Bupati Mardani, ”FORRDUS Sebagai Media Sosialisasi Program Pembangunan Daerah”
TANAH BUMBU, PATROLI
    Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) membentuk Forum Koordinasi RT, RW, dan Kepala Dusun (FORRDUS). Forum itu dibentuk sebagai upaya pemerintah daerah dalam memaksimal sosalisasi program-program pembangunan daerah sehingga lebih bisa dipahami masyarakat, baik yang terkait esensi program maupun target dan sasaran program yang hendak dicapai.
    "FORRDUS tak lain merupakan media kita untuk mensosialisasi program pembangunan daerah. Melalui media FORRDUS diharapkan sosialisasi dari program-program pembangunan daerah menjadi lebih mudah dilakukan dan dipahami masyarakat secara luas sehingga proses implementasi program bisa berjalan maksimal", sebut Bupati Tanbu, Mardani H. Maming dalam sambutannya pada acara Pengukuhan Pengurus FORRDUS Kecamatan Karang Bintang yang digelar di Balai Desa Manunggal, Rabu (5/3) lalu.
    Jika pun kemudian ada hambatan, dengan forum ini, sambung Mardani, pihak-pihak terkait mulai di tingkat kabupaten hingga di tingkat desa dapat membahas dan mengevaluasinya, untuk selanjutnya dicari solusi/pemecahan masalah atau hambatan yang ada.
    Diungkapkan Mardani pula, sejauh ini tidak sedikit program pembangunan daerah yang kurang dipahami oleh masyarakat, khususnya yang ada di perdesaan karena terputusnya rentang kendali informasi dari sosialisasi program yang disampaikan SKPD sebagai leading sektor program.
    Karena itu, dengan forum tersebut diharapkan sosialisasi program pembangunan daerah yang direalisasikan SKPD-SKPD dapat tepat sasaran dan dipahami secara utuh oleh masyarakat.
    Sebagai analogi, papar Mardani, meski sudah disosialisasikan sejak lama dan telah pula disosialisasikan melalui beragam kegiatan pemerintah daerah, hingga tersosialisasikan melalui media cetak dan elektronik, program Kartu Sehat dan Pintar (KASPIN) sebagai ikon program pelayanan publik gratis di Tanbu, namun masih banyak warga masyarakat yang tidak memahami esensi program secara utuh.
    "Termasuk juga pembahasan rancangan program pembangunan yang akan kita rumuskan melalui Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) tahun 2014 ini, baik itu di tingkat desa, kecamatan maupun tingkat kabupaten. Khususnya terkait dengan program satu desa satu milyar yang akan kita realisasikan pada tahun 2015 mendatang. Hal ini harus diketahui oleh masyarakat Tanah Bumbu secara luas, sehingga pada tatanan implementasinya nanti tidak mengalami hambatan," ujar Mardani sembari menambahkan, kepengurusan FORRDUS akan dilengkapi dengan kartu keangggotaan, di mana pada kartu keanggotaan tersebut bertuliskan program Satu Desa Rp1 Milyar.
    Dengan dibentuknya FORRDUS, pemerintah daerah juga akan menaikan honor Ketua RT dari Rp 125 ribu menjadi Rp 325 ribu per bulan. Hal yang sama juga akan diberlakukan untuk Ketua RW dan Kepala Dusun. Pengurus FORRDUS juga mendapatkan pelayanan kesehatan gratis kelas tiga di RSUD dr. Andi Abdurrahman Noor.
    Untuk diketahui, selain di Kecamatan Karang Bintang, sebelumnya Mardani juga mengukuhkan pengurus FORRDUS di Kecamatan Simpang Empat dan Kecamatan Batulicin.
    Pengukuhan akan dilanjutkan ke sejumlah kecamatan lain seperti Kecamatan Mantewe, Kusan Hulu, Sungai Loban, Kuranji, Angsana, Kusan Hilir dan Kecamatan Satui secara bertahap. (Adv/hum/M. Ridwan)
Powered by Blogger.