Pelaksanaan UN di SMKN 1 Rancaekek Berjalan Aman dan Tertib



BANDUNG, PATROLI
Drs. H. H. Suhendar, M.Mpd
Anak bangsa kelas 12  di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN1) Rancaekek, Kabupaten Bandung, nampak antusias menjalani  ujian nasional (UN) 2013/14. UN dilakukan tiga hari berturut-turut, Senin (14/4) Bahasa Indonesia, Selasa (15/4) Matematika, dan  Rabu (16/4) Bahasa Inggris, yang dijaga aparat kepolisian berpakaian preman dan pemantau dari perguruan tinggi.

Kepala SMKN 1Rancaekek, Kabupaten Bandung, Drs. H. Suherdar, M.M.Pd. saat dikonfirmasi di ruang kejanya kepada PATROLI menuturkan, alhamdulilah 163 siswa SMKN 1 Rancaekek yang  terdiri dari  kompetensi keahlian Busana Butik, TKJ, TKR dan Pencelupan bisa  melaksanakan UN sesuai ketentuan pemerintah. “Diawasi pengawas ruangan dari SMK Harapan 1-2 dan  Pengawas Satuan Pendidikan (PSP) dari perguruan tinggi Unwim. Dan di hari terakhir, selain UN siswa menjalani uji produktif sesuai dengan kompetensi keahlian,” paparnya.
Namun, disayangkan, imbuhnya, Diah Sukmawati, TKJ, hanya bisa mengikuti UN pada hari terakhir, Rabu, itu pun setelah diantar jemput di rumahnya di Babakan Peuteuy, Cicalengka bersama  Samiyo, ayahnya. “Pasalnya, pada saat akan menjalani UN di hari pertama, ia mendapat musibah. Sepeda motor yang dikendarainya jatuh tersenggol sepeda motor lain, sedangkan yang menyenggolnya kabur,” ungkapnya.
Lebih lanjut H.Suhendar menuturkan, untuk memperoleh hasil maksimal pada UN 2014, siswa SMKN 1 Rancaekek sebelumnya sudah menjalani try out 3 kali  untuk memberikan kepercayaan mental saat mengisi lembar jawaban UN. “Saya mengadakan istigosah dan doa bersama. Tujuannya, memohon kepada Allah  agar siswa yang menjalani UN diberi kekuatan dan ketenangan serta mendapat angka kelulusan 100%,” harapnya.
Sedangkan untuk Diah, tambahnya, akan mengikuti UN susulan di Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Balai Endah. “Tentunya akan kami antar jemput. Adapun naskah UN dan LJUN diambil panitia bersama PSP dan Kasubag TU SMKN1 Rancaekek, Kayep Kusnadi, di Korwil SMK Bintara Rancaekek dengan kondisi lengkap. Kami merasa senang  karena di hari terakhir UN dipantau langsung oleh  Kapolsek Rancaekek, Kompol Hartomo,” ujar Drs. H. Suhendar, M.M.Pd.
Widiati Isana, M.Ag, PSP dari Unwim menegaskan, pelaksanaan UN di SKMN 1 Rancaekek kondisinya tertib dan tidak ada kebocoran soal. Sementara Aiptu H. Dedi Sutardi, Babinkamtibmas dan Serma E. Rukmanda, Babinsa Desa Bojongsalam senada mengatakan, UN di SMKN 1 Rancaekek berjalan aman. Sedangkan Kapolsek Rancaekek, Kompol Hartomo, SH, ketika diwawancarai tentang UN di Kecamatan Rancaekek kepada PATROLI menjelaskan, UN di SMKN 1 Rancaekek dan SMA lainnya tidak ada kebocoran soal dan terkendali.
Adapun Samiyo mengatakan, dirinya sekeluarga mengucapkan terima kasih kepada kepala SMKN 1 Rancaekek, H.Suhendar yang telah membantu anaknya, Diah, diantar jemput ke rumah hingga bisa melaksanakan UN. “Semoga kebaikan Kepsek Suhendar ini dibalas oleh Allah SWT,” tutur Samiyo. (Agus Sy)
Powered by Blogger.