Horeee! Rekor Dunia Terpecahkan di Stadion Siliwangi

-20.000 Pemain Angklung Bawakan 'We are The Word’-

BANDUNG, PATROLI,-- Lagu  We are The World yang diiringi oleh lebih dari 20.000  angklung di Stadion Siliwangi, Kamis (23/4) memecahkan rekor dunia pemain angklung terbanyak. Lagu yang dipopulerkan oleh King  of Pop Michael  Jackson ini dimainkan secara harmonis oleh para peserta. Lagu ini juga menjadi pesan perdamain yang disuarakan oleh warga Bandung dan Jawa Barat  untuk dunia.

Di komandoi Daeng Oktaviandi dari Saung Angklung Udjo, puluhan ribu peserta yang didominasi oleh pelajar dan baru memegang angklung itu bisa mengiringi lagu tersebut dengan sempurna. Sebelumnya para peserta diberi kursus kilat, mereka pun berlatih menggiringi empat buah lagu,  di antaranya  Halo- Halo Bandung, setelah membawakan lagu  We are The Word, hampir satu jam panitia kemudian melakukan perhitungan jumlah peserta, sekitar  pikul 11.40 perwakilan dari Museum Rekor  Dunia Indonersia (Muri) memastikan  even di stadion Siliwangi memecahkan rekor  Pagelaran  musik  Angklung  dengan pemain terbanyak  jumlah yang tercatat mencapai  lebih dari 20.000 perserta rekor ini memecahkan rekor sebelumnya  11. 000 peserta  pada sebuah acara di Jakarta.
Walikota  Bandung  Ridwan Kamil  yang menerima  piagam  dari Muri mengatakan, ini bukan penghargaan untuknya. ’’Ini  untuk Warga  Bandung, Jawa Barat  dan Indonesia,’’ kata Kang Emil. Wakil Direktur  Muri  Osmar  Semesta  Susilo mengatakan, menurut catatan pihaknya even  Harmony Angklung for  The Word  diikuti oleh 20.704  orang, ini sudah memecahkan rekor dunia, ucapnya kepada para Wartawan.
Jumlah  tersebut didapat pihaknya dengan perhitungan yang tak main-main Muri, menggamdeng  Badan Pusat Statistik (BPS) untuk menghitung orang yang masuk ke dalam Stadion Siliwangi untuk bermai angklung. “Setiap orang yang kami beri  berkode  jadi, satu  orang tak bisa dihitung dua kali,” ujarnya.
Ia menambahkan, dari pihak Muri apa yang terjadi di even ini sudah memenuhi  pemecahan  rekor di dunia. “Pada pukul 10.20 kami mencatat  sudah ada lebih  dari 16.000 perserta,” tutur  Osmar.
Walikota Bandung  memuji semangat warga yang hadir  di stadion Siliwangi. “Hari ini dunia menyaksikan bahwa di Jabar  di Kota Bandung warganya membuat rekor Dunia, kalian adalah pembuat  sejarah,” ucapanya.
Gubernur Jawa Barat  Ahmad Heryawan  berharap suara angklung dari Stadion Siliwangi bisa membawa pesan perdamaian  di momen  peringatan  ke-60  KAA. “Kita  hadirkan suara angklung  dari Bandung  Jawa Barat  untuk perdamaian  di seluruh dunia,”  kata  kang  Aher.
Dalam acara yang juga dihadiri  Menteri Parawisata  Areif  Yahya  ini antusiasme  warga memang  patut  diancungi  jempol. Mereka berdatangan sejak pukul  06.30. Namun lamanya proses registrasi  membuat puluhun pelajar mengalami  sesak nafas  dan jatuh pingsan. Mereka kemudian dibawa ke posko kesehatan  PMI  dan Dinas Kesehatan  Kota Bandung.
Wakil Sekretariat  PMI Kota Bandung, Ace Kusnadi mengatakan, ada lebih dari 50 pelajar yang pingsan, satu di antaranya harus dibawa ke rumah sakit  terdekat  karena penyakit asma yang dideritanya  sudah akut,’’ tuturnya. (Kuswandi)
Powered by Blogger.