FKPD Jabar Galang Dana untuk Rohinya

BANDUNG,--Forum Koordinasi Pimpinan Daerah beserta Forum Kerukunan Umat Beragama Jawa Barat (Jabar) menggelar aksi solidaritas sekaligus membuka rekening donasi di Bank Jabar Banten (BJB) atas nama Jabar Peduli untuk membantu korban kekerasan yang dialami Muslim Rohingya di Myanmar.

Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari, S.Sos, MM mengatakan, aksi ini sebagai bentuk nyata Pemerintah Jabar dalam mendukung upaya pemerintah pusat yang telah melakukan komunikasi dengan Myanmar atas tragedi kemanusiaan ini. Semoga yang dilakukan oleh masyarakat Jabar dari berbagai unsur ini bermanfaat bagi sauadara di Rakhine. Aksi ini pun sebagai salah satu upaya kepedulian terhadap sesama muslim yang menjadi mayoritas di Jabar khususnya Indonesia.

“Langkah konkritnya kami mendukung penuh pemerintah pusat untuk terus mendiplomasikan tragedi kemanusiaan di Rohingya ini,” ujar Ineu di Gedung Sate, Jalan Diponegoro nomor 22, Kota Bandung, Jumat (8/9).

Dia menambahkan, donasi ini tidak hanya dilakukan oleh masyarakat Jabar saja yang lebih spontan dan insidental saat aksi. Tetapi juga mengajak kepada keluarga besar baik anggota dewan maupun sekretariat DPRD untuk berpartisipasi melalui rekening BJB yang sudah tersedia khusus untuk warga muslim Rohingya.

“Tadi kan sudah ada rekeningnya yang memang khusus untuk rekening ini (donasi solidaritas Jabar Peduli Rohingya-red),” katanya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan memelopori donasi spontan dengan menggunakan kain sorban usai berorasi dihadapan massa. Tidak terkecuali Ketua DPRD Jabar dan jajaran Muspida lainnya yang juga turut mendonasikan sebagian hartanya. Dirinya mengajak secara spontan kepada massa yang berkumpul untuk meyisihkan uang agar terkumpul dan secara langsung juga akan diberikan melalui rekening yang disediakan Bank BJB.


“Tadi sudah kita bersama-sama mendoakan saudara kita yang di Rohingya agar Pemerintah Myanmar segera memberikan kemerdekaan bagi Rohinya. Tetapi mari kita kumpulkan sebagian harta kita untuk menambah pundi-pundi bantuan dan semoga dapat bermanfaat,” seru Aher (sapaan akrab Ahmad Heryawan) usai berorasi.
(SYA)
Powered by Blogger.