Dorong Pembangunan ke Selatan Sukabumi

SUKABUMI,-- Kalangan DPRD Provinsi Jawa Barat mendorong kemudahan akses ke selatan Kabupaten Sukabumi. Hal ini dilakukan dengan mendukung upaya pembangunan sarana infrastruktur baik darat, laut, maupun udara di kawasan tersebut.

"Pembangunan sarana infrastruktur di selatan Sukabumi saat ini tengah digencarkan pemerintah," ujar anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Abdul Muiz, akhir pekan kemarin.

Contohnya, kata dia, Pemprov Jabar mengucurkan dana sebesar Rp 200 miliar untuk membangun jalan di selatan Sukabumi untuk mendukung potensi wisata dan Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu.

Muiz mengungkapkan,  DPRD Jabar juga mendorong terwujudnya pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dan jalur ganda kereta api Sukabumi-Bogor. Pembangunan akses darat ini , sambung dia, akan mengatasi kemacetan lalu lintas di jalur tersebut.

Ditambahkan Muiz, pemerintah juga berencana membangun jalur laut yang menghubungkan Palabuhanratu hingga Pantai Palampang Kecamatan Ciemas. Nantinya, kapal pesiar untuk wisata juga bisa melalui rute tersebut. Selain darat dan laut, ungkap Muiz, pemerintah pusat juga tengah mempersiapkan pembangunan bandara di Sukabumi. Awalnya lokasi pembangunan bandara berada di Citarate, Kecamatan Surade. Namun, karena pertimbangan harus dekat dengan Kota Sukabumi maka lokasi ditetapkan di pertengahan yakni di sekitar Warungkiara atau Cikembar.

Pembukaan akses baik darat, laut dan udara ini, menurut Muiz, diharapkan dapat memudahkan akses bagi warga untuk ke selatan Sukabumi. Langkah ini untuk mengejar ketertinggalan Jabar selatan dari Jabar bagian utara. Muiz mengungkapkan, kalangan DPRD Provinsi Jabar juga membahas rancangan peraturan daerah (Raperda) mengenai grand design untuk pengembangan daerah maju di selatan Jabar.

Salah satunya dengan menetapkan Palabuhanratu sebagai kota maju penopang metropolitan. Penetapan ini diharapkan bisa memajukan kawasan di selatan Sukabumi dengan mengoptimalkan potensi yang membawahi bidang perekonomian dan wisata di DPRD Jabar.


Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, sejumlah pembangunan infrastruktur di Sukabumi akan memudahkan akses bagi warga maupun pengunjung ke Sukabumi. Sehingga potensi wilayah terutama sumber daya alam bisa dioptimalkan dibandingkan sebelumnya. Sukabumi memiliki keunggulan di bidang pertanian dan pariwisata, ujar Marwan. Kedua bidang ini kata dia akan terus digenjot untuk peningkatan kesejahteraan warga Sukabumi.
(SJB)
Powered by Blogger.