Tak Wajar, Bikin Review Desain DI Air Rawas Kuras Rp 1,9 M

MUSIRAWAS, PATROLI,-- Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VIII Sumatera Selatan, tahun 2015 ini telah menyedot dana sebesar Rp.1,969.429.000. ironisnya, dana sebesar itu hanya untuk pembuatan Review Desain Daerah Irigasi (DI) Air Rawas di wilayah Kabupaten Musirawas, dengan kegiatan pengembangan dan rehabilitasi jaringan tanah, rawa dan tambak.
Penggunaan dana tersebut dianggap tak wajar. Kalangan lembaga swadaya masyarakat pun menyoroti hal itu. Seperti Ketua Umum Lembaga Pemantau Pembangunan dan Penegak Hukum (LP2PH) Kabupaten Musirawas dan Kota Lubuklinggau, Lukman Nulhakim SH.
Dikonfirmasi SKI PATROLI di kantornya Minggu lalu, Lukman mengaku menyayangkan dan menyesalkan soal ketidaktransparan dari pihak Balai Bagian Pelaksana Kegiatan Irigasi II Kabupaten Musirawas dan Kota Lubuklinggau ketika dikonfirmasi mengenai kegiatan tersebut.
“Kita sudah menaruh curiga dalam kegiatan review desain DI Air Rawas. Kenapa pihak Balai Bagian Pelaksana Kegiatan Irigasi II Kabupaten Musirawas dan Kota Lubuklinggau saat ditanya syarat-syarat administrasi seperti survei lapangan, back up data dari surve lapangan, justifikasi teknis dan gambar ulang (review desain) serta time schedule (waktu pelaksanaan) justru kelihatan rishih. Bahkan mereka tidak bisa menunjukan apa yang kita minta,” ungkapnya.
Ia juga mempertanyakan, gambar seperti apa sehingga kegiatan ini menyedot dana Rp.1,9 Milyar. Menurutnya, jika hanya untuk pembuatan gambar ulang saja, tidak akan menghabiskan dana sebesar itu.
“Oleh karena itu kami meminta kepada aparat penegak hukum, khususnya pihak Kejaksaan Negeri Kota Lubuklinggau dan Tipikor Polres Musirawas untuk menindaklanjuti masalah kegiatan itu,tegasnya.
Sementara itu, pegawai Balai Bagian Pelaksana Kegiatan Irigasi II Kabupaten Musirawas dan Kota Lubuklinggau, Tobagus, enggan berkomentar banyak. Alasannya karena kegiatan itu bukan kegiatan dari Balai Bagian Pelaksana Kegiatan Irigasi II Kabupaten Musirawas dan Kota Lubuklinggau.
“Mohon maaf, kegiatan itu adanya di Balai Wilayah Sungai Sumatera VIII di Palembang yang masih dalam perencanaan. Sedangkan gambar ulang (review desain) ini tidak bisa kami perlihatkan kepada bapak, sebab gambar tidak ada di kantor kami. Adanya di kantor Balai Besar di Palembang,katanya. (Toni)
Powered by Blogger.