Rp50 Juta Bagi Pemenang Logo Geopark Ciletuh

BANDUNG, PATROLI,-- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat akan melaksanakan Lomba Logo Geopark Ciletuh yang dibuka mulai tanggal 11 April hingga 11 Mei 2016. Dengan Total hadiah sebesar Rp 50 juta.

Persyaratan peserta terbuka untuk umum, Warga Negara Indonesia (WNI), bersifat perorangan dan tidak dipungut biaya pendaftaran (gratis). Peserta hanya boleh mengirim satu karya, dengan melampirkan identitas diri KTP/SIM/Kartu Pelajar dan NPWP (bagi yang memiliki) serta diwajibkan untuk mengisi dan menandatangani surat pernyataan keaslian ide (dapat diunduh di www.geoparkciletuh.org.
Untuk kriteria lomba logo ini, yaitu logi berupa logogram dan logotype (gabungan keduanya), logo berupa karya asli bukan jiplakan atau contekan, logo harus mencantumkan teks Geopark Ciletuh. Logo memiliki nilai filosofi dan estetik. Logo harus dapat merepresentasikan Geopark Ciletuh yang memiliki karakteristik potensi keragaman geologi, hayati, ekonomi, sosial dan budaya setempat, khususnya dan Jawa Barat umumnya. Penampilan logo sederhana, unik, mudah diingat dan diterapkan diberbagai kemungkinan tehnik dan media, baik dua dimensi maupun tiga dimensi.
Logo belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan dalam lomba sebelumnya. Semua karya yang dikirimkan menjadi milik panitia atau dalam hal ini pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dewan juri lomba Geopark Ciletuh berhak melakukan penyesuaian desain dengan mengkonsultasikannya kepada pemenang lomba.
Pemenang wajib merevisi perubahan tersebut. Kriteria penilaian orisinalitas karya, konsep logo, keindahan dan penerapannya pada berbagai macam media.
Untuk pendaftaran wajib registrasi untuk mendapatkan nomor peserta dan formulir pendaftaran lomba di www.geoparkciletuh.com. Karya dan kelengkapan persyaratan lomba dapat dikirim melalui email lombalogo@geoparkciletuh.org dengan mencantumkan nomor peserta pada subjek email.
Untuk karya bisa dikirimkan dalam bentuk file dengan format JPG/PNG/TIFF/PDF, memiliki resolusi tinggi (minimal 300 dpi) dan dilengkapi deskripsi konsep logo. Melampirkan scan : KTP/SIM/Paspor dan NPWP (bagi yang sudah memiliki) serta surat pernyataan tentang keaslian karya.
Tim penilai lomba logo ini merupakan akademisi, praktisi di bidang geologi, budaya, desain komunikasi visual.
Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Jl.LL.RE. Martadinata No. 209 Kota Bandung Telp. (022) 7273209 ext. 137.
Seperti diketahui Geopark Ciletuh secara resmi telah ditetapkan sebagai Geopark Nasional pada tahun 2015. Kawasan Geopark Ciletuh berada di Kabupaten Sukabumi yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Kawasan yang berbasis pada konservasi, edukasi, pemberdayaan masyarakat dengan berpilar pada keragaman geologi, hayati dan budaya. Ciletuh termasuk salah satu kawasan batuan tertua di pulau Jawa. Selain itu, bentang alam Ciletuh menyerupai amfiteater raksasa dengan bentuk seperti Tapal Kuda yang menghadap ke Samudera Hindia.
Kawasan Geopark Ciletuh juga dikelilingi perbukitan yang hijau dan memiliki 9 air terjun, yang berada di antara tebing bebatuan sebagai hasil geologi selama jutaan tahun silam. Curug yang ada di ciletuh yaitu, Curug Awang, Curug Tengah, Curug Puncak Manik, Curug Cikanteh, Curug Ngelai, Curug Sodong, Curug Dogdog, Curug Nyelempet dan Curug Cimarinjung. Tak kalah menariknya, dikawasan Geopark Ciletuh terdapat Tebing Panenjoan dan Paniisan, di tempat ini kita bisa menyaksikan Geopark Ciletuh dari ketinggian.
Dengan adanya logo Geopark Ciletuh ini diharapkan dapat menyedot wisatawan nusantara, mancanegara dan investor. Selain itu, dapat melambangkan sekaligus menumbuhkan identitas, membangkitkan semangat dan harapan untuk menggali pengetahuan bentang alam kawasan Ciletuh yang unik.
Lomba Logo ini untuk mendukung Geopark Ciletuh sebagai anggota Jaringan Geopark Dunia (Geopark Network) UNESCO, atau UNESCO Global Geopark (UGG) pada tahun 2017 mendatang. (Elly S)
Powered by Blogger.