Pembenahan Geopark Ciletuh Jelang Penetapan jadi UGG

BANDUNG, PATROLI,-- Jelang penetapan Unesco Global Geopark (UGG) tahun 2017 mendatang,pemerintah provinsi Jawa Barat terus benahi Geopark Ciletuh, Kab. Sukabumi.
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan, Untuk saat ini Pemprov Jabar akan fokus membenahi infrastruktur, terutama jalan akses menuju geopark Ciletuh di titik kawasan Panenjoan yang akan dijadikan gerbang masuk Geopark.

Menurut Aher, panggilan akrab Gubernur Jabar, beberapa waktu lalu Ciletuh ini sudah dinobatkan sebagai Geopark Nasional, kemudian saat ini berbenah untuk disiapkan agar geopark Ciletuh menjadi Unesco Global Geopark.
"Kami akan bersepakat dengan Pemkab Sukabumi untuk meningkatkan Geopark itu keanekaragaman hayati, geologi dan kultur di setiap desanya," ujar Ahmad Heryawan, Senim (11/4/2016).
Dikatakannya, pihaknya akan membuat lembaga untuk mengelola Geopark itu yang tergabung antara pemprov dan Pemkab Sukabumi, Kementrian pariwisata juga akan mengembangakan industri ekonomi kreatif di Geopark Ciletuh tersebut.
"Kami juga akan menawarkan dan memaparkan secara resmi kepada Kementrian Pariwisata keistimewaan Geopark Ciletuh tersebut," ujar dia.
Hal ini kata Aher, akan sangat berpengaruh bagi masyarakat terutama untuk perkembangan ekonomi, kemudian juga terhadap industri yang berada disekitar Geopark, bukan hanya di kawasan akan tetapi masyarakat yang ada di sekitar Geopark.
"Geopark ini hamparannya kan luas maka dipastikan akan ada banyak masyarakat yang terimbas dari Geopark ini," papar Aher. (Elly S)
Powered by Blogger.