Ciptakan Wira usaha Baru Bidang Pariwisata

BANDUNG, PATROLI,-- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat melalui Balai Pengembangan Kemitraan, SDM Kepariwisataan dan Kebudayaan, tahun 2016 melatih 280 orang wirausaha baru yang tersebar di 8 kabupaten/kota di Jawa Barat. Diharapkan akan terwujudnya 100.000 wirausaha baru, khususnya di bidang pariwisata yang akan mendorong meningkatnya di sektor ekonomi masyarakat.

Bertalian dengan hal itu, Balai Pengembangan Kemitraan, SDM Kepariwisataan dan Kebudayaan menggelar berbagai kegiatan. Diantaranya, acara Pelatihan Pencetakan 100 Ribu Wirausaha Baru bertempat di Hotel Wiwi Perkasa, kab. Indramayu pada 8-10 Maret 2016.
Kadisparbud Jabar, Drs. Nunung Sobari MM, menyatakan, beberapa faktor yang akan mempengaruhi meningkatnya kualitas para pelaku usaha  di bidang pariwisata. Diantaranya, diri pribadi Masyarakat, serta pengaruh di sekelilingnya. Seperti pendidikan, sosiologi, organisasi, kebudayaan dan lingkungan.
"Faktor-faktor itu membangun locus  of control, kreatifitas, inovasi, implementasi, serta langkah-langkah yang seterusnya berkembang menjadi wirausaha besar", ujar Nunung disela acara pelatihan.

Kepala Balai Pengembangan Kemitraan, SDM Kepariwisataan dan Kebudayaan, Drs Rustandi M.Si  menyatakan, tujuan digelarnya kegiatan ini untuk memberi ilmu, pemahaman, kemampuan, motivasi dan kreatifitas kepada para peserta guna meningkatkan usaha di bidang pariwisata. " Selain itu, mempererat tali silaturahmi, saling gotong royong meningkatkan wirausaha baru, khususnya di sektor kepariwisataan di Jawa Barat", ujar Rustandi. (Elly)
Powered by Blogger.