Seni Tradisi Hakekatnya Representasi Budaya Luhur

BANDUNG, PATROLI---
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Drs. H. Nunung Sobari MM mengemukakan, tradisi sebagai akar perkembangan kebudayaan yang memberikan ciri khas identitas bangsa.
Ia mengemukakannya, saat membuka Peningkatan Kompetensi Tata Pentas Seni Pertunjukan yang dilaksanakan di Hotel Bumi Nusantara Kab. Pangandaran dari mulai 10 s/d 13 Maret 2015.
Karena itu, katanya, saat ini para seniman di Jawa Barat tidak membiarkan kesenian tradisi terabaikan. Bahkan, generasi muda terus melakukan inovasi terhadap  kesenian tradisi itu.

Seni tradisi, katanya, hakekatnya representasi dari kebudayaan luhur yang sejak dulu menjadi media pendidikan yang ampuh dalam membentuk karakter masyarakat. Tradisi juga merupakan fondasi karakter bangsa, menjadi filter terhadap arus globalisasi yang terjadi saat ini.
“Karena itu, ujar Haji Nunung, kita jadikan kesenian Jawa Barat sebagai salah satu industri kreatif yang dapat meningkatkan citra Jawa Barat sebagai daerah budaya dan tujuan wisata dunia”.
30 Peserta                                            
Sementara itu, Kepala Balai Pengembangan Kemitraan, SD Kepariwisataan dan Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Drs. Rusyandi MSi mengemukakan, kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta dari Kab/Kota Bandung, Kab. Garut, Kota/Kab. Tasikmalaya, Kota Banjar, Kab. Ciamis, Kab. Cianjur.
Rusyandi mengemukakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman teoritik, praktek bagi para peserta tentang sejarah pemanggungan dunia dan karya seni pertunjukan.
Ia mengemukakan, kegiatan ini pun guna mengefektifkan peran sanggar seni sebagai salah satu potensi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi kreatif sekaligus sebagai  pusat pewarisan budaya secara histories bagi generasi muda.
Dari sejumlah peserta itu, mereka terdiri dari piñata dan penggarapan seni, karawitan 12 orang, tari 8 orang, musik 5 orang, dan teater 5 orang dengan tenaga pengajar dari STSI.  (Elly S)
Powered by Blogger.