SMPN 3 Sumbang dan SMPN 2 Cilongok Juara Jelajah Galang

PURWOKERTO, -- Regu Rajawali Spega SMP Negeri 3 Sumbang dan Regu Matahari Srikandi Gapesda SMP Negeri 2 Cilongok menjadi regu putra dan putri terbaik dalam arena Jelajah Galang yang digelar oleh Ambalan Bhisma Tri Dharma dan Dewi Ratih Gugus Depan Banyumas Pangkalan SMA Negeri 3 Purwokerto, Jawa Tengah. Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Bayumas, Ir. Achmad Husein, Sabtu (7/1) itu, kedua regu berhasil meraih nilai tertinggi.
Bupati Banyumas, Achmad Husein pada sambutannya menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Pramuka SMAN 3 Purwokerto. Menurut bupati, Pramuka menjadi salah satu pencetak generasi berkarakter, yang memiliki rasa bertanggung jawab, mandiri, disiplin, berani, dan tidak putus asa. “Melalui pendidikan dan latihan Pramuka, generasi muda berani menghadapi tatangan dan tidak mudah patah semangat saat menghadapi kegagalan,” kata Bupati.

Melalui jelajah galang ini diharapkan para pengalang memiliki motivasi serta semangat yang akan menjadikannya sebagai seorang Pramuka, memiliki kepribadian kuat dan mempunyai pengetahuan materi-materi kepramukaan yang akan menjadi bekal sebagai penerus bangsa.

Pradana Dewan Ambalan Bhisma Tri Darma, Raihan Bagas Kusuma, mengatakan bahwa Lomba Jelajah Galang 2017 diikuti oleh 39 regu, terdiri dari 19 regu putra dan 20 regu putri. “Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati ulang tahun sekolah  dan sekaliligus ambalan,” katanya.
Raihan menambahkan Jelajah Galang merupakan kegiatan khas Ambalan Bhisma Tri Dharma dan Dewi Ratih yang salah satu tujuannya adalah dalam rangka melatih dan mewujudkan anggota Pramuka menjadi generasi penerus bangsa. Tentunya yang dapat memimpin, berpengetahuan serta kuat kepribadiannya dan melaksanakan Program Kerja Ambalan.

Lantas, Raihan melanjutkan bahwa peserta diwajibkan melewati delapan pos yang berada di dalam dan di luar ruangan. “Setiap pos peserta diwajibkan mengerjakan tugas yang meliputi pos komunikasi, kedisiplinan, kekompakan, ketangkasan, kebudayaan, keselamatan dan KIM,” jelasnya.

Pada akhir perlombaan ditetapkan sebagai juara untuk regu putra, Juara I Regu Rajawali Spega SMP Negeri 3 Sumbang, Juara II Rajawali Pasopati Gapesda SMP Negeri 2 Cilongok, dan Juara 3 Regu Jatayu MTs Maarif NU Cilongok.

Sedangkan regu putrid, Juara I Regu Matahari Srikandi Gapesda SMP Negeri 2 Cilongok, Juara II Regu Matahari Bersinar SMP Negeri 3 Sumbang, dan Juara III Cakra Sekala SMP Negeri 4 Purwokerto.

Penyerahan piala dan penghargaan dilakukan oleh Kepala SMA Negeri 3 Purwokerto, Drs. Ananto Nur Semedi. (Ari S)
Powered by Blogger.