Kadipaten Siap Tuntaskan Kemiskinan

MAJALENGKA, -- Kecamatan Kadipaten siap untuk memberantas kemiskinan di wilayahnya. Hal ini telah sesuai dengan visi misi Kabupaten Majalengka yang siap memerangi kemiskinan, sehingga nantinya ke depan, Majalengka bebas dari keluarga miskin.

Selain itu, sisi prestasi juga akan sangat ditonjolkan, yakni soal prestasi terutama dalam hal prestasi membaca Al-Quran. Kecamatan Kadipaten punya satu orang yang menjadi juara satu MTQ karena hafal 20 juz atas nama Jajuli, dia kini akan mengikuti MTQ tingkat Provinsi Jabar.

Camat Kadipaten, Nana Supriatna,M.Si. mengatakan,  masyarakat Kadipaten kini berpenduduk 43.596 orang dengan rincian laki-laki 21.750 orang dan perempuan 21.846 jiwa. Khusus Desa Karang Sambung berjumlah 7.436 dengan rincian 3.710 orang laki-laki dan 3.726 orang perempuan. "Sementara untuk warga miskin di Kecamatan Kadipaten yakni untuk rumah tangga miskin 4.906 , individu 15.729 orang," ujarnya.

Nana mengatakan, sementara itu untuk lembaga pendidikan yakni untuk anak usia dini ada kelompok belajar (kober) sebanyak 18 kelompok dengan jumlah anak 459, taman kanak-kanak 12 sekolah. "Kami berusaha keras untuk mengoptimalkan pelayanan posyandu, mengaktifkan kembali Jumat bersih, kami berupaya dan mendorong agar masyarakat cerdas mempunyai kreativitas, dan masyarakat semakin sehat," ungkapnya.

Nana mengatakan, untuk menyukseskan program KB, pihaknya melibatkan kordinator PLKB satu orang, penyuluh KB dua orang, tenaga penggerak desa lima orang, monitor ketahanan keluargga lima orang, di kecamatan telah terbentuk satgas KDRT di tingkat kecamatan. "Artinya kami di sini ingin selaras dengan visi misi Kabupaten Majalengka, sesuai dengan arahan Pak Bupati," ujarnya. (Ayank)
Powered by Blogger.