Rahmat Witoto Berharap Anak Desa Pintar

LAMSEL, -- Rahmat Witoto, Kepala  Desa Sidodadi, Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan, menginginkan agar anak-anak di desanya menjadi anak yang pintar. Namun, dirinya sangat miris melihat kurangnya daya minat gemar membaca di masyarakat terutama bagi kalangan anak-anak.

Untuk itu, Kades Sidodadi, Rahmat Witoto berinisiatif untuk membuat perpustakaan desa, yang letaknya di kantor desa. Keinginan membuat perpustakaan desa muncul saat ia  berkunjung ke daerah Jogyakarta. Di mana Toto melihat konsep pendidikan yang ada di Kota Pelajar itu dan mungkin cocok bila diterapkan di desanya.

Akhirnya,  Rahmat Witoto melaksanakan keinginannya. Aula yang ada di kantor desanya disulap menjadi Rumah Pintar, yakni perpustakaan desa, yang sesuai dengan Program Bupati Lamsel bahwa pentingnya giat belajar. Selesai mewujudkan keinginannya mendirikan Perpuseru, Toto meminta camat untuk meresmikannya. Alhamdulillah,  Camat Sidomulyo, Afendi, SE, telah meresmikan dan sekaligus membuka perpustakaan yang di beri nama  "Depok Pittohk" Desa Sidodadi, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, Minggu  (6/8).

Dalam kesempatan itu, Camat Afendi, SE, mengatakan bahwa dengan diresmikannya perpustakaan tersebut, dapat menambah wawasan dan juga berbagai ilmu dari buku yang disiapkan. “Dan untuk dibaca, mengapa? Karena sesuai dengan Program Bupati bahwa penting giat belajar,” katanya.

Lebih jauh, Afendi menambahkan Perpuseru yang ada di Desa Sidodadi ini merupakan salah satu desa yang pertama kali dibuka dan diresmikan oleh dirinya. “Karena itu saya berharap untuk desa-desa yang lain agar dapat mencontoh Perpuseru yang ada di Desa Sidodadi. Apalagi, setiap desa mempunyai anggaran dari  ADD/DD,” ujarnya.

Sementara itu, Kades Rahmat Witoto menyampaikan  dirinya berharap perpustakaan, Rumah Pintar di kantor desa dapat difungsikan dan  dirawat oleh warga setempat. “Karena perpus ini milik warga untuk warga. Saya berharap masyarakat Sidodadi bisa bersama-sama menjaga dan memanfaatkan perpustakaan ini dengan sebaik-baiknya," harapnya.

Ditambahkannya, pihaknya akan mengejar ketertinggalan. Oleh  sebab itu, tidak ada lagi alasan masyarakat untuk malas belajar. “Bahkan, kami memberikan bimbingan gratis bagi siswa warga Desa Sidodadi. Depok Pittohk  yang telah diresmikan oleh Camat Afendi, SE, telah difasilitasi dengan berbagai buku bacaan. Di antaranya buku tentang wawasan, bisnis, ekonomi, dan pertanian,” tuturnya.

Tak kalah pentingnya, tambahnya,  telah disiapkan komputer yang telah tersambung langsung ke jaringan internet. “Juga proyektor yang difungsikan untuk bimbingan belajar (bimbel) bagi para pelajar,” imbuhnya. (Andy)
Powered by Blogger.