Pasanggiri Seni Musik dan Teater Kesempatan Besar Buat Seniman

BANDUNG, PATROLI

Pasanggiri yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan  Jawa Barat merupakan suatu kesempatan besar bagi para pelaku seni dan budaya dalam mengembangkan keparigelannya, baik secara perorangan  maupun grup.
Drs. Nunung Sobari, M.Si  mengemukakan, begitu besar peranan seni budaya dalam  kehidupan bermasyarakat. Produk seni budaya diharapkan bukan saja memiliki makna tersendiri, tetapi juga diharapkan  mampu menyedot minat jumlah pencintanya.
Ia menjelaskan, pasanggiri yang diselenggarakan Disparbud Jabar tersebar di 5 wilayah Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan yang dulu dikenal dengan Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil).
Selama dua hari di setiap BKPP diselenggarakan pasanggiri ini, disamping menggali potensi seni budaya daerah, juga diharapkan memunculkan pelaku-pelaku seni yang handal, juga memunculkan kreator-kreator baru. “Yang lama bisa naik tingkatnya, yang baru akan memiliki peluang di masyarakat,” ujar Nunuing.
Kali ini, sebagaimana keterangan dari Bidang Kesenian Disparbud Jabar, pasanggiri diadakan di Garut tanggal 11-12 Mei dengan pesertanya yang tampil dalam penampilan seni, musik dan teater adalah  Priangan I yang meliputi Kab. Garut, Kab./Kota Tasikmalaya, Kab. Ciamis, Kota Banjar, Kab. Pangandaran.
Sementara itu, daerah yang telah melaksanakan pasanggiri ini adalah Priangan II yang meliputi  Kota/Kab. Bandung, Kab. Bandung Barat, Kota Cimahi dan Kab. Sumedang yang dilangsungkan di Tetater Terbuka Taman Budaya.
Nunung mengemukakan, dengan pasanggiri ini selain  sebagai upaya reinventarisasi, juga revitalisasi sehingga kelak akan merupaskan seni pertunjukan yang banyak diminati masyarakat. (Elly S)
Powered by Blogger.