Bappeda Raih Prestasi Tiga Kali Berurutan

-Suharto Patih  Harumkan Nama Musi Rawas di Tingkat Nasional-

MUSI RAWAS, PATROLI,--Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kab. Musirawas, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), meraih prestasi gemilang tiga kali berturut-turut, baik itu di tingkat Provinsi Sumatera Selatan maupun  nasional. Dengan mendapat penghargaan dan prestasi itu, Bappeda Musi Rawas di bawah kepemimpinan Suharto Patih, telah mengharumkan nama Kab. Musi Rawas ke skala nasional.

Adapun prestasi yang ditoreh oleh Bappeda Musi Rawas di antaranya pada tahun 2012 sebagai kabupaten pelaksana terbaik Sistem Inovasi Daerah (SIDa) terbaik juara ke dua tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Selanjutnya di tahun 2013  mendapat anugerah perencanaan terbaik pertama Pangripta Sriwijaya untuk kategori penyusunan rencana kerja pemerintah daerah Provinsi Sumatera Selatan.
Sementara di tahun 2014, Musi Rawas kembali menjadi kabupaten pelaksana terbaik pertama Sistem Inovasi Daerah (SIDa) untuk kategori teknologi pangan, yakni nugget ikan, beras organik dan gula merah Darussalam. Juga mendapat anugerah perencanaan terbaik ke tiga Pangripta Sriwijaya untuk penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tingkat Provinsi Sumatera Selatan.
Sedangkan di tahun 2015, kembali mendapat anugerah perencanaan terbaik ke tiga untuk penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tingkat Provinsi Sumatera Selatan.
Hal ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Data dan Litbang Bappeda Musirawas, Bakhtiar, S.E., M. Si. didampingi Kasubid Eka Herliana Siregar, S.T. saat ditanya PATROLI, minggu lalu, di ruang kerjanya. “Setiap kali Kab. Musi Rawas diundang dalam seminar pembangunan, pak Suharto selalu diminta untuk memberikan paparan mengenai terobosan di bidang program perencanaan daerah,” jelasnya.
Dikatakan Bakhtiar, dengan keberhasilan ini, terbukti berbagai prestasi dan penghargaan yang ditoreh Bappeda Musirawas, selama tiga tahun berturut-turut. “Hal ini tak luput dari ide brilian dan tangan dingin Ir. H. Suharto Patih, M.M. selaku Kepala Bappeda Kab. Musi Rawas, yang secara person juga pernah meraih penghargaan (reward) sebagai motivator terbaik,” ungkapnya.
Menurutnya, berkenaan dengan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-20 tahun 2015, dalam waktu dekat, Kab. Musi Rawas akan menjadi salah satu perserta kategori bidang anugerah yang diberikan kepada masyarakat yang telah menemukan, menciptakan dan menerapkan suatu karya iptek terapan dalam bidang teknologi pangan. “Kali ini, untuk kategori teknologi pangan, kita akan mengirim produk lele presto dan dodol ubi kayu. Karena ini adalah hasil temuan dan ciptaan UKM di bawah binaan Bappeda selaku koordinator,” terangnya.
Sementara itu, Kepala Bappeda Musirawas, Ir. H. Suharto Patih, M.M. mengatakan, keberhasilan ini bukan milik dirinya, tapi milik semua masyarakat Musi Rawas. Karena pencapaian prestasi yang ada, tak luput dukungan dari masyarakat dan didasarkan  niat yang tulus dan ikhlas. “Tentunya sebagai bentuk rasa tanggung jawab, kepercayaan dan pengabdian guna mengharumkan nama Kab. Musi Rawas Darussalam, baik itu di  tingkat provinsi maupun nasional,” paparnya.
Selain itu, imbuhnya, berbagai prestasi yang sudah ditoreh, tak luput atas bimbingan dan arahan Bupati Musi Rawas, DR. H. Ridwan Mukti, M.H. sebagai kepala daerah. “Kita berterima kasih kepada semua pihak dan masyarakat yang sudah membantu dan berperan aktif. Sehingga, prestasi demi prestasi dapat kita raih. Semoga kita dapat mempertahankan ke depannya melalui berbagai program perencanaan dan konsep besar dalam melakukan terobosan. Guna membawa perubahan ke arah lebih baik demi kesejahteraaan masyarakat  menuju darussalam,” harapnya.
Dikatakan Suharto, salah satu bentuk penghargaan prestasi gemilang yang sudah diraih tersebut maka di tahun 2015 ini Kepala Bidang (Kabid) Data dan Litbang, Bakhtiar akan diberangkatkan umroh gratis oleh Gubernur Sumatera Selatan. “Piagam dan trofi pada waktu itu diserahkan Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin. Sedangkan untuk tingkat nasional, piagam dan trofi diterima oleh Wakil Gubernur Sumsel, H. Ishak Mekki yang  diserahkan Wakil Presiden RI,” ungkapnya. (Toni)
Powered by Blogger.