Terkait Jalan Rusak, Belasan Truk Bertonase Lebih Terjaring Ops Gabungan

CILACAP, PATROLI,-- Puluhan truk  yang diduga  kelebihan tonase terjaring dalam Operasi Gabungan Satlantas Polres Cilacap bersama Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kab. Cilacap, Selasa (8/12). Tak pelak, pengemudi truk pun langsung diberikan Surat Tilang (Bukti Pelanggaran) terkait dengan pelanggaran kelebihan tonase/muatan. Kelebihan tonase itu terlihat dari alat timbangan portable yang mengukur berat muatan yang dibawa kendaraan.

Kapolres Cilacap, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ulung Sampurna Jaya, S.I.K., M.H. melalui KBO Satlantas, Inspektur Dua (Ipda) Jarkoni menuturkan pelanggaran melebihi muatan tidak akan ada toleransi lagi. “Mengingat fakta di lapangan menunjukkan banyaknya ruas jalan di Cilacap yang  rusak parah karena diduga sejumlah kendaraan barang melebihi tonase yang diizinkan. Selain itu, saat ini sudah memasuki musim hujan. Dengan tonase yang berlebihan, tidak menutup kemungkinan akan memicu lakalantas karena jalan yang licin,” ungkapnya seraya menambahkan dengan menggunakan timbangan portable,  pihak kepolisian, khususnya Satlantas Polres Cilacap,  selalu bekerja sama dengan Dishubkominfo.
Operasi Gabungan ini, imbuhnya, diharapkan membangkitkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas dan mematuhi aturan yang ada di jalan raya. “Tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga berguna bagi  pengguna jalan lainnya," ujarnya pada PATROLI, baru-baru ini.

Selama Operasi Gabungan dilaksanakan dengan menggunakan  alat timbangan portable, dari 78 kendaraan pengangkut barang, 19 terbukti melanggar melebihi muatan dan 4 kendaraan melanggar administrasi lainnya. (Ari S)
Powered by Blogger.