Ketum DPP KWI Lampung Disertijabkan

LAMPUNG, PATROLI,-- Hajat besar Dewan Pimpinan Pusat Komite Wartawan Indonesia (DPP KWI), Sabtu (3/9) lalu berjalan tertib, aman dan lancar. Acara yang dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dipandu oleh Bungaran Saragih, S.H. Dilanjutkan sambutan Ketua Umum (Ketum) sekaligus pendiri KWI, H. Herwan Sanggam (Tokoh Pers Propinsi Lampung) yang antara lain menyampaikan dirinya mengucapkan terima kasih dari lubuk hati yang paling dalam atas kehadiran seluruh rekan-rekan, baik itu  para pendiri, pengurus  maupun anggota DPP KWI.
“Pada momen yang baik ini saya sampaikan beberapa poin yang mendasar demi kelangsungan organisasi kita ini, antara lain  sehubungan dengan Undang-undang Ormas ditambah AD/ART KWI bahwa ketum khususnya dan pengurus harian harus segera melakukan reorganisasi. Mengingat saya selaku ketum sudah lebih dari 3 periode menjabat di dalam kepengurusan dan selaku pendiri dan ketum mengharapkan segera menyusun struktur kepengurusan DPP KWI yang baru agar dapat diproses di pusat (Kemendagri),” paparnya.

Hal ini, tambahnya, mengingat kondisi fisiknya saat ini harus beristirahat serta tidak mampu lagi memimpin organisasi yang berskala nasional yang dicintai ini. “Saya kemukakan kepada seluruh rekan bahwa daftar SKT terdahulu terganjjal beberapa syarat, antara lain  struktur susunan kepengurusan yang harus diresufle/diganti. Hal inilah yang menjadi kendala kita. Oleh sebab itu, kepada ketum yang baru segera berkasnya dikirim ke Kemendagri, agar dapat segera  diproses perpanjangan organisasi kita ini,” harapnya. 
Untuk mendapatkan SKT yang baru, imbuhnya, hal ini tentunya menjadi PR utama untuk mengurus susunan kepengurusan baru. “Adapun struktur kepengurusan baru ini telah kami sepakati berdasarkan rapat para pendiri. Sehingga, saya anggap seluruh peserta (anggota KWI) harus menjunjung tinggi, menyetujui dan mendukung keputusan karena sudah sesuai dengan Undang-undang Ormas, AD/ART, Undang-undang Pers. Harapan saya dengan terbentuknya pengurus yang baru ini agar  bisa menjalankan roda organisasi sesuai dengan tupoksinya masing-masing,” ucapnya.
Selanjutnya, sambutan disampaikan salah satu pendiri, yaitu Ansori AB (Wartawan 3 Zaman).
“Sebagai salah satu pendiri saya pesankan  kepada ketum yang baru agar membawa organisasi kita lebih maju dari sebelumnya serta bijaksana dalam mengambil keputusan organisasi. Sehingga, KWI di masa mendatang akan  menjadi organisasi yang lebih besar,” ungkapnya.
Di tempat terpisah, Tim Formatur membahas siapa yang layak menempati jabatan Sekjen dan Bendahara Umum. Hasil Tim Formatur memutuskan RA Hartawan Adi Kesuma sebagai Sekjen DPP KWI  yang menggantikan Sekjen lama Harison Hutagalung BA yang juga telah menjabat 3 periode (12 tahun). Sedangkan Bendahara Umum sebelumnya dijabat oleh Hartawan diserahterimakan kepada Parminto Andi. 
Sedangkan Ketum KWI terpilih, Sakiran, S. Pd. kepada PATROLI menjelaskan bahwa dirinya siap mengemban tugas yang diberikan oleh seluruh pendiri, yaitu H. Herwan Sanggem, Bayumi, Ansori HB serta Hutagalung dan seluruh anggota KWI. “Dengan catatan, harus bersama-sama membesarkan KWI. Walaupun saya menjabat Ketum KWI dan sangat mumpuni, tetapi tidak akan maju tanpa didukung oleh seluruh personil KWI yang ada,” pungkasnya. (And)
Powered by Blogger.