Haris,” Rakyat Indonesia Sebenarnya Belum Merdeka”

BANDUNG,-- Wakil Ketua DPRD Jabar Haris Yuliana menilai, rakyat Indonesia sebenarnya belum bisa merasakan kemerdekaan seutuhnya. Sebab masih banyak rakyat Indonesia yang belum sejahtera dan mendapatkan keadilan hakiki dari pemerintah. "Meski secara de jure dan de facto Indonesia sudah merdeka," ujarnya, Jumat (18/8).

"Tapi harus dilihat makan dan tujuan dari kemerdekaan yang telah diperjuangkan bangsa Indonesia melawan penjajah. Ini yang harus dipikirkan bersama. Tujuan dari merdeka itu seperti apa? Sehingga kita bisa memaknai kemerdekaan itu."

Dia melanjutkan, tujuan dari merdeka adalah jiwa dan pikiran. Namun saat ini, muncul persoalan dan isu diktator atau penguasa yang zalim. Jika kondisinya seperti itu, maka masih ada rasa tidak merdeka di dalam diri masyarakat.‎

"Karena tujuan penting dari merdeka adalah kesejahteraan dan keadilan. Ini juga rasanya masih jauh," ungkapnya.

Dia meminta pemerintah harus bekerja untuk rakyat Indonesia. Bukan hanya sekadar melakukan upaya untuk mempertahankan eksistensi politik dan kekuasaan saja.
"Kesejahteraan rakyat adalah hal penting yang harus dipenuhi oleh pemerintah. Program yang dilakukan benar-benar harus menyentuh rakyat tidak hanya kepentingan politis saja yang bertujuan hanya untuk mempertahankan kedudukan atau kekuasaan saja," terangnya.


Dia juga menambahkan, kekuasaan adalah alat untuk memperbesar energi kebaikan. "Selain itu juga, untuk melipatgandakan kekuatan dalam menyebar kesejahteraan," tegasnya. (EL)
Powered by Blogger.