Cellica, “Tragedi Rawagede” Patut Dikenang

KARAWANG, PATROLI,-- Plt Bupati Karawang, dr Cellica Nurrachadiana menghadiri peringatan peristiwa Rawagede di Monumen Rawagede Desa Balongsari, Kec. Rawamerta, Kab.  Karawang, Selasa (1/12).  Cellica  memberikan secara simbolis bantuan kepada  yayasan pengelola untuk diberikan kepada para janda pahlawan korban tragedi Rawagede dan  bantuan tahap awal untuk pengecatan pagar gapura monumen Rawagede Rp 5 juta.
Dalam sambutannya, Cellica  menghimbau agar berbagai pihak, termasuk yayasan agar dalam memperingati tragedi Rawagede ini bukan hanya untuk kepentingan pribadi ataupun kelompok  melainkan demi untuk kepentingan orang banyak. Karena katanya, para pejuang yang tragedi Rawagede yang dimakamkan di tempat tersebut  tujuannya berjuang untuk merdeka.

“Setelah merdeka tinggal bagaimana kita mengisi kemerdekaan ini dengan positif. Mengenai perhatian Pemkab Karawang,  sudah  memuluskan dengan cara mencor jalan. Ke depan direncanakan perlebaran jalan dan  memugar pagar agar lebih terlihat sebagai tempat wisata sejarah yang menarik minat para wisatawan. Wisatawan nanti akan lebih tahu  secara detail sejarah Rawagede.
Cellica juga memerintahkan kepada Kepala Dinas Sosial agar peringatan tragedi Rawagede ini untuk dianggarkan pada APBD agar ahli waris merasa dihargai dan dikenang. “Kehadiran  saya disini sebagai bentuk kepedulian dalam mengenang peristiwa Rawagede. Sebagai anak bangsa, kita harus hargai sejarah bangsa dan tragedi Rawagede  patut  . Semua korban tragedi Rawagede patut dihargai dan dikenang karena pahlawan demi kemerdekaan,” katanya.
Sementara itu Sukarman pengelola yayasan yang mengelola monumen Rawagede mengatakan,  tragadi Rawagede diperingati setiap  9 Desember, karena terjadi tepat  9 Desember 1947 lalu. Namun kata Sukarman, karena peringatan tahun  ini  tepat  pelaksanaan Pilkada Karawang  dimajukan 1 Desember. Pada peringatan taun ini, Apoy gitaris Wali datang ke monumen Rawagede. Karena  tersinspirasi, Apoy mengarang  lagu Nenekku Pahlawanku.
“Bantuan dari saku pribadi ini dari Plt Bupati Karawang untuk tahap awal mengecat kami ucapkan terimakasih. Nantinya,  taman makam pahlawan Rawagede akan dijadikan wisata sejarah bagi para pelajar. Kami dan segenap pengurus yayasan sedang berbenah untuk mempersiapkannya segala sesuatunya, termasukl akan menyediakan proyektor untuk menyaksikan dokumen dokumen dan arsip arisip sejarah yang berkaitan dengan tragedi Rawageda,”terangnya.
Powered by Blogger.