Masyarakat Keluhkan Kinerja Kelurahan Situbatu, Bendahara Melia,”Kekurangan Anggaran”

BANJAR, PATROLI,-- Masyarakat Kelurahan Situbatu  umumnya mengeluhkan kinerja  aparatur Pemerintah Kelurahan Situbatu, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Prov. Jawa Barat. Di mana Kelurahan Situbatu terbagi menjadi tiga lingkungan, yaitu Lingkungan Bojong,  Cisauheun, dan  Awi Luar. 
Menurut keterangan  sejumlah warga Kelurahan Situbatu, Lingkungan Bojong dan  Cisauhan, yakni Ugun, Aef, Nanang, dan Ee, saat diwawancara PATROLI  (8/2), hal ini memang merupakan keluhan  masyarakat Kelurahan Situbatu pada umumnya. “Kami meminta  perhatian kepada Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukasih. Sejak Desa Situbatu diubah menjadi kelurahan, sampai detik ini kinerja perangkat/aparatur Pemerintah Kelurahan Situbatu  masih jauh dari harapan masyarakat, baik itu dari segi pelayanan masyarakat  di bidang kesehatan, kesejahteraan, pembangunan  maupun  keagamaan,” ungkap Ugun.

Jika pihaknya boleh membandingkan, kinerja pelayanan Kelurahan Situbatu tidak jauh lebih baik daripada  pelayanan  pemerintah desa. “Kalau  PATROLI tidak percaya, silahkan pertanyakan hal tersebut  kepada para tokoh masyarakat yang ada di Kelurahan Situbatu,” tambah Ugun yang diiyakan oleh warga lainnya.
Hal yang sama diutarakan Ketua Pemuda Kelurahan Situbatu, Ee  Ampel Koneng  yang membenarkan  bahwa  sejak Desa Situbatu diubah statusnya menjadi kelurahan, saat ini mungkin Kelurahan Situbatu yang paling ketinggalan. “Faktanya, dalam bidang kegiatan apa pun, Kelurahan Situbatu yang dikenal paling melempem. Jalan-jalan  jadi amburadul dan sejumlah kegiatan di tingkat lingkungan hilang sama sekali,” jelasnya.
Lebih lanjut, papar Ee,  berdasarkan Peraturan Daerah Kota Banjar No. 6  Tahun 2012, kelurahan adalah bagian dari pemerintah daerah untuk  mempercepat pembangunan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pada umumnya. “Kami melihat Kelurahan Situbatu sampai  detik ini  belum menunjukkan adanya efektivitas dan efisiensi kerja yang bisa  diterapkan aparatur Pemerintah Kelurahan Situbatu. Tentunya  dalam mewujudkan pelayanan yang baik .terhadap masyarakat,” katanya.
Sementara masyarakat berharap, imbuhnya,  fungsikan  para kasi  yang ada dengan sebaik mungkin. Jangan hanya diam  dan berpangku tangan saja . “Tentunya agar dapat terealisasi sesuai dengan misi dan visi Wali Kota Banjar, yaitu pelayanan yang berkualitas terhadap warga masyarakat,” tandasnya.
Ironisnya, saat dikonfirmasi PATROLI, baru-baru ini, Bendahara Kelurahan Situbatu yang bernama Melia  mengatakan Kelurahan Situbatu saat ini sedang kekurangan anggaran. “Padahal, apa pun kebijakan dari  Kelurahan Situbatu tentunya memerlukan anggaran,” ucapnya.
Sedangkan Erik Kiswanto, STP selaku Lurah Situbatu, Kecamatan Banjar, Kota Banjar  saat  dihubungi PATROLI, belum lama ini, ternyata  sedang tidak ada di kantornya. (jh 898) 
Powered by Blogger.